Tentang Kami

STAI SAMORA PEMATANGSIANTAR

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Samora Pematang Siantar adalah suatu Lembaga Pendidikan Agama Islam, yang bagian dari Yayasan Pendidikan SAMORA yang menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan kebudayaan menurut Islam secara ilmiah pada tingkat Perguruan Tinggi. Sekolah Tinggi Islam (STAI) Samora Pematang Siantar berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta dijiwai nilai-nilai Islam, berhaluan Ahlussunnah Waljamaah. Hal itu diharapkan  mampu menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan luas, proaktif, dan kritis sesuai dengan stardar akademik yang telah ditetapkan Sekolah Tinggi Agama Islam Samora Pematangsiantar, Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara serta stakeholder, sehingga lulusannya berperan aktif serta terlibat di tengah-tengah masyarakat .
Sekolah Tinggi Agama Islam Samora Pematangsiantar berada dilokasi yang strategis yang dapat dijangkau dengan mudah oleh mahasiswa  dengan kendaraan pribadi maupun menggunakan angkutan publik. Lokasi yang strategis dan tenang menunjang proses belajar mengajar yang baik. Sekolah Tinggi Agama Islam Samora Pematangsiantar beralamat di jalan Kavaleri no. 9 Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari, no. telefon (0622) 434 590. Email sstaisamora@yahoo.com
Dukungan berupa sarana dan prasarana yang menunjang kelancaran proses pembelajaran tersedia yaitu ruang perkuliahan yang tenang dan nyaman, perpustakaan yang menyediakan berbagai referensi yang mendukung, mushalla yang cukup luas, aula, ruang praktek, lapangan untuk bermain badminton, areal parkir yang cukup, akses free wifi yang tersedia di area kampus.
Adapun kegiatan ekstra kurikuler yang ada di Sekolah Tinggi Agama Islam Samora Pematangsiantar dibawah naungan Dewan Mahasiswa (DEMA) adalah bidang seni yang meliputi kegiatan paduan suara dan kaligrafi, nasyid. Bidang rohis yang berhubungan dengan kegiatan baca tulis Al-qur’an, PHBI. Bidang olahraga, Bidang cinta lingkungan, Bidang Humas, Bidang Mading/karya. Semua bidang tersebut diharapkan menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan kreativitas mahasiswa.
  • Struktur Organisasi
Ketua : Drs. Zulhamdi Nasution, MA
Pembantu Ketua I (Bid. Akademik) : Drs. Alhafif Syahputra, M.Pd
Pembantu Ketua II (Bid. Administrasi dan Keuangan) : Samro Himtihani Nasution, MA
Pembantu Ketua III (Bid. Kemahasiswaan) : H. Hasan Basri Siregar, MA
Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam : Erayadi, M.Pd
Ketua Prodi Akhwalussyakhsiyah : Asmarani Nasution, M.SI
  • Status STAI Samora
  1. Akte Notarsi Yayasan sebagai pendiri, Notaris Adlin SH NO. 32 TANGGAL 13 Juni 1994 dan terdaftar no 15 SK Menteri Kehakiman tanggal 23 Agustus 1990 no. 14.n.m.01.06.70.
  2. Rekomendasi pendirian STAI Samora Pematangsiantar tanggal 16 Juni 1994 oleh bapak Walikota Pematangsiantar.
  3. Persetujuan/Rekomendasi pembukaan STAI Samora Pematangsiantar oleh Kopertais Wil. IX Sumatera Utara no. K.IX/PP.0093/696/1994 tanggal 17 September 1994
  4. Status terdaftar SK Menteri Agama RI no. 101 tahun 1995.
  5. Terakreditasi surat keputusan Badan Akreditasi Nasional no. 019/BAN-PT/Ak-IV/VIIV/2000 tanggal 10 Agustus 2000.
  6. Perpanjangan penyelenggaraan keputusan Direktur Jendral Kelembagaan Agama Islam Dep. Agama RI no. Dj.II/590/2005 tanggal 01 Desember 2005 untuk program studi Pendidikan Agama Islam dan Akhwalussyakhsiyah.
  • Staf Pengajar dan Dosen
Staf pengajar ataupun dosen di STAI Samora Pematangsiantar terdiri dari dosen tetap yayasan   dan dosen tidak tetap yayasan dan telah tersertifikasi, yang berasal dari lulusan universitas nasional dan lokal, dan sesuai bidangnya.
  • Kerjasama dengan
  1. MTsN Pematangsiantar dalam hal PPL
  2. SMP Negeri 4 Pematangsiantar dalam hal PPL
  3. Yayasan Perguruan Taman Siswa Martoba dalam hal PPL
  4. Pengadilan Agama Pematangsiantar dalam hal PKL
  • Adanya kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Pematangsiantar-Simalungun, yaitu STAI Panca Budi dan STAI “UISU” Pematangsiantar.
  • Prestasi Mahasiswa
  • Menjuarai lomba Hifzul Qur’an tingkat perguruan tinggi se-sumatera utara
  • Menjuarai lomba tilawah Putra dan putri tingkat kota dan provinsi
  • Mengikuti kejuaraan Futsal tingkat perguruan tinggi se kota pematangsiantar
Kesan dan Pesan dari alumni
Imran simanjuntak S.Ag: Alhamdulillah selama saya kuliah d stai samora tidak ada kendala yang sulit, bahkan terbantu ketika saya telah tamat dan ingin  meneruskan ke jenjang S2, stai samoralah yang memberikan rekomendasi.
Ramadhani Fitri S.Pd. I : Dengan ijazah STAI Samora saya memperoleh PNS.
Asnan Hansari SH : setamatnya dari STAI Samora saya diterima bekerja di pengadilan agama Pematangsiantar dan memiliki banyak jaringan koneksi dengan LBH yang ada di Pematangsiantar.
Hardiansyah S.Pd.I : Dengan ijazah STAI Samora saya memperoleh PNS Di MTsN Pematangsiantar dan berkat jaringan kerjasama stai samora dengan instansi yang ada di pematangsiantar saya menjadi ketua ikatan marching band pematangsiantar.
Haqqul Yaqin S.Pd. I : Dengan ijazah STAI Samora saya diterima bekerja di bank syariah mandiri di kota Lubuk pakam.
  1. VISI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SAMORA PEMATANGSIANTAR
TERWUJUDNYA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN AKHWALUSSYAKHSIYAH (AS) YANG UNGGUL DALAM PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN SERTA HUKUM ISLAM, BERPAHAM AHLUSSUNNAH WALJAMA’AH SERTA BERWAWASAN KEBANGSAAN DALAM BINGKAI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA.
  1. MISI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SAMORA PEMATANGSIANTAR
  2. MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SERTA HUKUM ISLAM YANG TERINTEGRASI DENGAN BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI
  3. MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN KEAHLISUNNAHWALJAMA’AHAN (KEASWAJAAN) YANG TERINTEGRASI DENGAN WAWASAN KEBANGSAAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI).
  4. MELAKSANAKAN PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SERTA HUKUM ISLAM YANG TERINTEGRASI DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI.
  5. MELAKSANAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DALAM BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SERTA HUKUM ISLAM YANG TERINTEGRASI DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI.
  6. TUJUAN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SAMORA PEMATANGSIANTAR
  7. MELAHIRKAN SARJANA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN HUKUM ISLAM YANG UNGGUL DALAM BIDANG ILMU PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN SERTA HUKUM ISLAM SEKALIGUS MAMPU DAN CAKAP MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DALAM BIDANG PENGAJARAN DAN HUKUM.
  8. MELAHIRKAN SARJANA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN HUKUM ISLAM YANG BERPAHAM AHLUSSUNNAH WALJAMA’AH SERTA BERWAWASAN KEBANGSAAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA.
  9. MELAKUKAN PENELITIAN DALAM ILMU TERBIYAH DAN HUKUM ISLAM YANG TERINTEGRASI DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI DAN MEMPUBLIKASIKANNYA DALAM BENTUK MAKALAH DALAM JURNAL DAERAH DAN NASIONAL DAN FORUM ILMIAH.
  10. MELAKUKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DALAM BIDANG PENDIDIKAN AGAMA DAN KESADARAN HUKUM BAGI GENERASI MUDA ISLAM SERTA BAGI MASYARAKAT SECARA UMUM.

Comment here